Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Strategi Penjualan dengan Internal dan External Evaluation melalui Kajian SWOT dan QSPM pada Suzuki Dwiperkasa Mobiltama Narogong


"Suzuki Dwiperkasa Mobiltama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan kendaraan mobil baru dan layanan purna jual berupa service atau pemeliharaan, serta penjualan suku cadang orisinil bagi berbagai kendaraan mobil Suzuki. Berdasarkan kondisi saat ini, perusahaan telah mengalami penurunan tingkat penjualan kendaraan. Hal ini disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah tingginya intensitas persaingan dengan perusahaan lain di pasar. Oleh karena itu, diperlukan strategi penjualan yang tepat untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini dengan evaluasi yang komprehensif mulai dari internal hingga eksternal lingkungan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alternatif strategi yang paling memungkinkan untuk dilakukan perusahaan sesuai dengan sumber daya dan kemampuan yang dimiliki. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah Analisis SWOT dan juga QSPM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan matriks IFE dan EFE, total skornya adalah -0,41 dan 0,2. Hasil matriks Grand Strategy yaitu Suzuki Dwiperkasa Mobiltama Narogong berada pada posisi kuadran II dengan strategi utama adalah strategi turn around atau Weakness-Opportunity (WO). Lalu hasil analisis QSPM menyatakan bahwa strategi terbaik berdasarkan prioritasnya yaitu memanfaatkan kemajuan teknologi untuk melakukan promosi.

Kata kunci: Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks Grand Strategy, Matriks SWOT, QSPM."
Reishi Agusta Kencana Prima Putra (1717050)
NONE
Computer File
Indonesia
Politeknik STMI Jakarta
2021
Jakarta
LOADING LIST...
LOADING LIST...

References